70 Tips & Trik Windows 7

Windows 7 merupakan versi terbaru windows yang jauh lebih baik daripada windows Vista. Selain itu, Windows 7 dilengkapi dengan banyak fitur baru. Sayangnya, beberapa dari pengguna Windows 7 tidak begitu mengerti akan hal ini. Jadi, saya membuat sebuah daftar yang paling penting dan tips trik serta panduan langkah-demi-langkah yang akan membantu Anda menerapkan semua tips dan trik.

1. PC Safeguard

PC Safeguard ini tidak akan membiarkan siapa pun melakukan perubahan/pengaturan terhadap PC Anda, karena setelah user log off, konfigurasi akan di-reset sehingga kembali normal. Tentu saja tidak akan mengembalikan konfigurasi diubah oleh Anda, tapi hanya yang dilakukan oleh pengguna lain yang Anda tetapkan.

Untuk menggunakan PC Safeguard, masuk ke Control Panel -> User Account, buat account baru, kemudian pilih “Set Up Pc Safeguard” dan nyalakan. Kemudian Anda dapat tetap santai ketika orang lain menggunakan komputer Anda, karena Anda tidak akan menemukan ada yang berubah, termasuk konfigurasi, download software, dan juga program yang telah diinstall.


2. Kalibrasi layar

Untungnya, Windows 7 datang dengan wizard kalibrasi tampilan yang memungkinkan Anda mengatur kecerahan layar dengan benar, sehingga Anda tidak akan mengalami masalah ketika mwnampilkan foto atau teks. Masalahnya misalnya pada suatu PC, Anda melihat foto yang warnanya tajam dan cerah, tetapi di lain komputer tampak gelap. Sekarang masalah itu bisa diperbaiki dengan menekan tombol Start dan kemudian ketik “DCCW”.

3. AppLocker

Jika Anda biasanya berbagi komputer dengan orang lain, mungkin Anda akan  membatasi akses mereka ke aplikasi Anda atau file dokumen.  Dengan AppLocker, Anda memiliki beberapa pilihan untuk melakukan hal ini dengan memblokir pengguna lain untuk mengakses executables, Windows Installers, Script, ataupun path.

Anda hanya dapat melakukan ini dengan menekan tombol Start kemudian ketik gpedit.msc. Lalu pergi ke Computer Configuration – > Windows Settings- > Security Settings-> Application Control Policies -> AppLocker. Klik kanan pada salah satu pilihan (executables, Installers, atau Script) dan buat aturan baru. Itu akan sangat berguna bagi Anda untuk menghindari diri dari pusing-pusing karena sistim yang kacau hehehe..

4. Burn Foto (Pembakaran Image ke dalam CD/DVD)

Kita semua mengalami masalah dengan burning gambar di Windows, karena tidak bisa melakukannya sendiri, maka dari itu diperlukannya perangkat lunak pihak ke tiga (third party software). Tetapi dengan Windows 7, ini tidak akan menjadi masalah lagi. Yang harus Anda lakukan adalah klik dua kali ISO image dan membakarnya di CD atau DVD yang dimasukkan ke dalam drive.

5. Tampilan Removable Drives yang Kosong

Windows 7 tidak akan memunculkan drive kosong secara default, jadi jika anda menghubungkan drive kosong ke PC Anda, jangan khawatir, hanya perlu membuka Organize-> Folder Options -> Masuk ke Tab View -> Cari dan hapus centang pada “Hide empty drives in the Computer folder”. Ini tidak tampak seperti ide yang baik dan tidak mengizinkan pengaturan default, karena akan sulit bagi pengguna untuk mengetahuinya. Saya yakin banyak pengguna akan kembali membeli drive yang baru saat mereka berpikir itu rusak.

6. Windows Snap

Window Snap merupakan salah satu fitur baru yang ada di Windows 7. Fitur ini mampu mengatur tata letak jendela secara otomatis. Anda cukup menggeser jendela ke kanan, kiri, maupunm atas. Untuk snap ke kiri dan ke kana, jendela seara otomaits akan berukuran setengah lebar layar. Untuk snap ke atas, jendela akan berukuran penuh. Selain itu, kita juga dapat menggunakan Windows Snap dengan menggunakan Shortcut. Untuk snap ke atas, tekan tombol Windows + Panah ke atas. Untuk snap ke kiri atau ke kanan, tekan tombol Windows + panah ke kiri atau ke kanan.

7. Tampilan Atau Sembunyikan Gambar dengan Preview Pane

Tekan ALT + P untuk menyembunyikannya, kemudian stekanekali lagi untuk menampilkannya.

8. Tampilan Gadget Di atas Windows Yang sedang Aktif

Tekan Windows + G

9. Slideshow Photo pada Desktop Background

Jika Anda akan ingin mengubah latar belakang dari waktu ke waktum itu akan membuang banyak waktu. Sekarang Anda tidak perlu melakukan ini lagi, karena Anda dapat mengatur slideshow.

Klik kanan pada desktop kemudian buka Personalization-> Desktop Background dan tahan tombol CTRL saat memilih gambar. Kemudian Anda dapat memilih interval waktu antar gambar dan memilih untuk menampilkannya  secara acak atau berturut-turut.

10. Membuat Taskbar yang lebih kecil

Jika Anda merasa seperti taskbar menggunakan terlalu banyak ruang pada layar Anda, Anda dapat memilih untuk membuat ikon kecil. Untuk melakukannya, klik kanan pada tombol Start, kemudian masuk ke Properties -> Taskbar dan centang “Use small icons”

11. Mengombinasikan Ikon Taskbar

Bila Anda ingin tampilan taskbar seperti pada Windows XP atau Vista, Anda juga bisa menampilkannya. Untuk melakukannya, klik kanan taskbar, kemudian pergi ke Properties -> Taskbar dan centang “Combine when taskbar is full”.

12. Multi-threaded File Copy

Beberapa dari Anda mungkin sudah pernah mendengar tentang Robocopy. Sekarang Robocopy ada di dalam Windows 7 dan memungkinkan Anda melakukan multi-threaded copy dari command line. Anda dapat memilih jumlah thread seperti ini “/ MT [: n], yang dapat diisi dari 1-128.

13. Maksimalkan Atau Mengembalikan Jendela foreground

Tekan Windows + Up

14. Minimalkan Jendela Aktif

Tekan Windows + Down

15. Aktifkan Toolbar Quick Launch

Quick Launch Toolbar pada Windows XP dan Vista tampaknya merupakan fasilitas yang sangat baik. Kana tetapi, setting default Windows 7 tidak menampilkan Quick Launch. Untungnya, Anda bisa mwnampilkannya kembali dalam beberapa langkah cepat.

Klik kanan taskbar, pergi ke Toolbar -> New Toolbar dan ketik “% USERPROFILE% \ AppData \ Roaming \ Microsoft \ Internet Explorer \ Quick Launch” ke dalam kotak folder, kemudian klik “Select folder”.

Untuk membuatnya terlihat seperti pada Windows Vista, klik kanan taskbar, hapus centang “Lock Taskbar”, kemudian klik kanan pembagi dan hapus centang “Show Title” dan “Show Text”. Kemudian klik kanan taskbar dan centang “Use small icons”.

16. Shortcut untuk Minimize atau Maximize window

Tekan Windows + D untuk Minimize, dan tekan Windows + D untuk me-Maximize kembali

17. Desktop Magnifier

Tekan tombol Windows dan + untuk memperbesar atau tombol Windows dan – untuk memperkecil. Anda dapat memperbesar bagian manapun pada desktop dan Anda bahkan dapat mengkonfigurasi kaca pembesar Anda. Anda dapat memilih untuk membalikkan warna, mengikuti penunjuk mouse, ikuti fokus keyboard, atau titik penyisipan teks.

18. Minimalkan Semua jendela kecuali jendela yang sedang aktif

Tekan Windows + Home

19. Masalah Manajemen Power

Windows 7 dapat memberitahu Anda berapa banyak power yang dipakai sistem atau memberikan informasi rinci tentang penggunaan daya dan masalah yang disebabkan oleh setiap aplikasi dan perangkat. Dengan cara ini Anda dapat mengoptimalkan cara baterai digunakan, membuat baterai lebih lama. Tekan kunci Windows dan ketik “powercfg”.


20. Web Internet Dari Desktop Anda

Windows 7 memungkinkan Anda mencari sumber daya online, dengan menambahkan konektor yang dapat didownload secara gratis.

Misalnya, pergi ke http://www.istartedsomething.com/flickrsearch/ dan download konektor Flickr. Setelah itu, Anda akan melihat Search Flickr dalam folder pencarian Anda dan Anda akan dapat membukanya langsung dari desktop Anda, tanpa perlu mengunjungi situs web mereka.

21. Tambahkan Video Untuk Start Menu Anda

Jika Anda sedang mencari cara cepat untuk mengakses video Anda, Windows 7 telah jawaban yang tepat bagi Anda.

Klik kanan tombol Start, kemudian pergi ke Properties -> Start Menu -> Customize dan set Video menjadi “Display as Link”. Kemudian, Anda akan menemukan mereka di Start Menu.

22. Shift Jendela Dari Satu Monitor Untuk lain

Jika Anda menggunakan dua atau lebih monitor, maka Anda mungkin ingin memindahkan Windows dari satu monitor ke yang lain. Ada cara yang sangat sederhana untuk melakukannya.

Yang perlu Anda lakukan adalah tekan Shift + Windows Key + Panah Kiri atau Kanan , tergantung ke monitor mana Anda akan pindah.

23. Custom Tombol Power

Ada opsi untuk mengganti tombol “Shut Down” dengan tombol lain, jika Anda jarang mematikan komputer, tapi Anda lebih sering menggunakan tombol restart atau sleep.

Klik kanan Tombol Start, pergi ke Properties dan pilih “Power Button Action” kemudian pilih tombol power apa yang Anda inginkan

24. Mudah Menambahkan Font Baru

Menambahkan font baru, sekarang lebih mudah dari sebelumnya. Hanya download font yang Anda inginkan, double klik dan Anda akan melihat tombol install.

25. Stretch Jendela vertikal

Anda dapat menegubah ukuran jendela aktif secara vertikal dengan tinggi layar maksimum dengan menekan Windows + Shift + Up. Tekan Tombol Windows + Down jika Anda ingin mengembalikannya.

26. Buka Windows Explorer

Tekan tombol logo Windows + E untuk membuka sebuah window baru dari Windows Explorer.

27. Buat Sebuah Instance Baru Icon Pertama Pada Taskbar

Tekan Tombol Windows + 1 untuk membuka sebuah contoh baru dari ikon pertama di taskbar. Hal ini bisa membuktikan benar-benar berguna dalam beberapa situasi.

28. Windows Action Center

Windows Action Center menawarkan informasi penting mengenai PC Anda, seperti Status Antivirus, update, troubleshooting dan menyediakan fitur penjadwalan backup .

Untuk mengaksesnya, pergi ke Control Panel -> System and Security -> Action Center

29. Troubleshooting Windows Platform

Platform ini dapat membantu Anda memecahkan banyak masalah yang mungkin Anda alami, seperti koneksi internet, perangkat keras, sistem kinerja yang buruk dan banyak lagi. Anda dapat memilih masalah apa yang harus dipecahkan dan kemudian Windows akan memberikan beberapa penjelasan yang mungkin benar-benar membantu untuk memecahkan masalah Anda.

Ada banyak pilihan, bimbingan dan informasi yang tersedia di sana, jadi cobalah dengan mengetikkan “problem” atau “repair” setelah menekan tombol Windows.

30. Nonaktifkan Sistem Notifikasi

Sistem pemberitahuan biasanya mengganggu dan tidak selalu berguna, sehingga Anda mungkin ingin mengubah beberapa dari mereka.

Hal ini dapat dilakukan pada Windows 7 dengan mengklik ganda ikon Notification Area pada Control Panel. Di sana Anda dapat mengubah ikon untuk pemberitahuan dan Action Center, Jaringan, Volume, Windows Explorer, Media Center Tray Applet, dan Automatic Windows Update .

31. Nonaktifkan Pesan Keamanan

Untuk menonaktifkan pesan keamanan Anda harus pergi ke Control Panel -> System and Security ->  Action Center -> Change Settings Action Center dan Anda dapat menonaktifkan pemberitahuan berikut: Windows Update, Pengaturan Internet Security , Jaringan Firewall, Spyware dan perlindungan terkait, User Account Control, Perlindungan Virus, Windows Backup, Windows Troubleshooting, Check for Updates.

32. Menu Open Program Peek Taskbar

Ini bekerja seperti Alt + Tab, tapi membuka menu tepat di atas sidebar, dan sepertinya tidak sangat berguna. Cobalah dengan menekan Windows Key + T.

33. Jalankan Program Sebagai Administrator

Anda dapat dengan mudah menjalankan program sebagai administrator dengan menekan Ctrl + Shift sambil membukanya.

34. Switching Program pada Windows yang Sama

Jika Anda memiliki lebih banyak contoh program berjalan, cukup tahan tombol Ctrl sambil mengklik ikonnya dan akan menggilir semua instansi.

35. Atur Ikon Desktop Otomatis

Anda sekarang dapat melupakan Klik kanan -> Auto Arrange. Yang harus Anda lakukan adalah terus menekan F5 sebentar dan ikon akan otomatis diaatur.

36. Mengenkripsi USB Removable Drives

Enkripsi USB drive tidak pernah mudah. Sekarang Anda bisa klik kanan pada removable drive dan kemudian klik “Turn on BitLocker”. Sayangnya, BitLocker ini hanya ada di Windows 7 Ultimate.

37. Nonaktifkan Window Smart
Arrangement

Jika Anda tidak suka dengan fitur baru Windows 7 yang dapat mengatur jendela otomatis, ada caara mudah untuk mematikannya.

Tekan Windows Logo Key, ketik “regedit”, pergi ke HKEY_CURRENT_USER \ Control Panel \ Desktop, dan ganti value WindowArrangementActive ke 0. Setelah anda reboot, fitur Smart Arrangement akan dimatikan.

38. Membuat Sebuah Disc Repair System

Windows 7 dilengkapi dengan alat yang memungkinkan Anda membuat bootable Disc Repair System yang mencakup beberapa aplikasi-aplikasi sistem dan command prompt. Untuk membuat itu, tekan kunci Windows dan ketik “system repair”.

39. Migrasi Hard-Link Store

Migrasi Hard-Link Store hanya tersedia untuk komputer baru dan dapat memigrasikan file, pengaturan, dan account pengguna. Migrasi Store  Hard-Link baru menggunakan lebih sedikit ruang dan waktu.

40. Nonaktifkan ‘Feedback Submit’

Jika karena alasan tertentu, Anda masih menggunakan versi Beta Windows 7 dan jika Anda merasa terganggu dengan “Feedback Submit button”, tidak ada cara untuk mematikannya. Satu-satunya cara adalah mematikannya lewat registry. Tekan kunci Windows dan ketik regedit’, kemudian pergi ke HKEY_CURRENT_USER \ Control Panel \ Desktop dan atur value FeedbackToolEnabled ke 0. Setelah Anda me-restart komputer, maka seharusnya tidak ada tombol itu lagi. Jika anda ingin mengubahnya lagi, atur value FeedbackToolEnabled menjadi 3.

41. Peningkatan Kalkulator

Fitur kalkulator Windows 7 ditingkatkan sehingga dapat melakukan konversi satuan, perhitungan tanggal, jarak tempuh, sewa, dan hipotek. Anda juga dapat memilih mode antara Standard, Scientific, Programmer dan kalkulator Statistik.

42. Membuka Folder Dalam Proses Tersendiri

Windows 7 membuka semua folder dalam proses yang sama untuk menghemat sumber daya, tetapi ini berarti jika salah satu folder crash, mereka  akan crash semua. Jadi jika Anda itu risiko Anda tidak perlu ambil, maka Anda harus membuka semuanya dalam proses tersendiri.

Untuk melakukan hal ini, tahan tombol shift, klik kanan drive dan pilih “Open in New Proses”. Sekarang Anda akan aman.

43. Masalah Steps Recorder

Steps Recorder merupakan tool perekam yang dapat digunakan dalam banyak keadaan. Anda dapat mengaktifkannya dengan menekan kunci Windows, kemudian ketik “PSR.exe” dan klik Record. Sekarang akan merekam semua gerakan Anda dan menyimpannya sebagai dokumen HTML yang dapat Anda lihat atau menulis deskripsi untuk itu. Hal ini dapat membantu Anda megatasi masalah atau ketika menulis panduan atau tutorial.

44. Codec Pack Gratis

Windows Media Pleyer hadir dengan tampilan yang lebih menarik di Windows 7. Sayangnya, Windows Media Player masih belum mampu memutar berbagai macam file audio dan video , sehingga Anda masih akan memerlukan beberapa codec. Tapi dengan codec pack gratis Anda dengan mengatasi masalah tersebut. Beberapa codec gratis antara lain K-Lite Codec Pack dan Windows 7 Codec Pack.

45. Jalankan Windows Explorer Dari My Computer

Saat kita membuka Windows Explorer, direktori yang ertama kali terbuka adalah Library. Jika kita lebih sering membuka My Computer, kita bisa mengubahnya.

Untuk mengubahnya ke My Computer, tekan Windows, lalu ketik “explorer”, pilih Properties dan di tab Shortcut dan ketik “% SystemRoot% \ explorer.exe / root,:: (20D04FE0-3AEA-1069-A2D8-08002B30309D) “. Sekarang Anda harus klik kanan ikon Explorer di Taskbar dan pilih “Unpin this program from taskbar” dan kemudian tarik kembali Windows Explorer ke Start Menu.

46. Aero Shake

Jika ada terlalu banyak jendela terbuka pada desktop, Anda bisa menutup semuanya kecuali jendela aktif dengan menggoyangkan jendela aktif, kemudian semua jendela lain akan tertutup. Untuk mengembalikan jendela lain Anda harus mengguncang jendela tersebut satu aktif lagi.

47. Gunakan Gadget Dengan UAC yang Nonaktif

Mungkin Anda memperhatikan bahwa setelah Anda menonaktifkan UAC Anda tidak dapat menggunakan gadget lagi, sebagai alasan keamanan. Tetapi jika Anda yakin ingin menggunakan gadget tersebut, ada cara mudah untuk melakukannya, bahkan dengan UAC dimatikan.

Buka Regedit, kemudian pergi ke “HKEY_LOCAL_MACHINE \ SOFTWARE \ Microsoft \ Windows \ CurrentVersion \ Sidebar \Settings dan buat value DWORD baru bernama AllowElevatedProcess dan set nilainya ke 1. Sekarang Anda seharusnya dapat menggunakan gadget Anda. Jika tidak, reboot PC Anda terlebih dahulu.

48. Windows 7 Compatibility Mode

Windows 7 mempunyai fitur baru bernama Compatibility Mode. Dengan fitur ini, Anda dapat mengatasi software yang tidak kompatibel dengan Windows 7. Untuk menggunakannya, klik kanan program yang akan dibuka, kemudian pilih Troubleshoot Compatibility. Kemudian, ikuti instruksi selanjutnya.

49. Cari Segalanya Di Komputer Anda

Windows 7 menawarkan kemungkinan untuk mencari semua jenis file, termasuk yang tidak diketahui dan ini bisa membantu Anda dalam beberapa kasus.

Meskipun tidak dianjurkan, karena jauh lebih lambat dari pencarian normal, Anda dapat mencobanya dengan melakukan hal berikut: buka Windows Explorer, pergi ke Tools -> Folder Options -> View dan centang “Try to find the contents of the file type is unknown.” Jika Anda tidak perlu lagi, jangan lupa untuk mematikannya untuk meningkatan kecepatan.

50. Kosongkan Recycle Bin

Jika Anda ingin mengosongkan Recycle Bin untuk menambah ruang kosong harddisk, Anda bisa mengosongkannya dengan cara klik kanan Recycle Bin kemudian pilih “Empty Recycle Bin”.

51. Konfigurasi Musik Favorit Anda

Windows Media Center membuat daftar lagu-lagu favorit berdasarkan seberapa sering Anda memainkan mereka, peringkat yang Anda tambahkan dan tanggal Anda menambahkan mereka. Jika Anda tidak nyaman dengan cara itu Anda bisa mengubahnya dengan masuk ke Tasks -> Settings ->Music -> Music Favorites.

52. Flip 3D

Windows 7 menyediakan fitur flip 3D. Sebenarnya fitur ini sudah aja sejak Windows Vista. Dengan fitur ini, Anda tidak merasa jenuh dengan tampilan window biasanya. Untuk menampilkannya, tekan Windows + Ctrl + Tab.

53. Advanced Disk Defragmentation

Untungnya, Windows 7 menawarkan defragmentasi jauh lebih baik dari Vista dan juga memungkinkan Andauntuk mengkonfigurasi itu command prompt

Untuk melakukannya, tekan kunci Windows dan kemudian ketik “CMD”.

Anda dapat defragment hard disk Anda dari baris perintah dengan mengetik “defrag” dan Anda memiliki pilihan berikut: “/ r” akan defrag drive secara simultan, “-a” melakukan analisis defrag, “-v” mencetak laporan, ” -r “memperlakukan file dengan sedikitnya 64 Mb fragmen seperti tidak  terfragmentasi,”-w “akan defrag semuanya. Contohnya adalah “defrag C:-v-w” untuk defrag keseluruhan drive C.

54. Cara Membuat Internet Explorer 8 Berjalan Lebih Ceoat

Jika Anda ingin Internet Explorer 8 untuk memuat lebih cepat, Anda perlu menonaktifkan add-ons yang aktif, sehingga pergi ke Tools -> Manage Add-ons dan periksa waktu load masing-masing. Anda dapat men-disable add-ons yang tidak Anda perlukan, sehingga Internet Explorer akan berjalan lebih cepat.

55. Media Download Center Otomatis

Windows Media Center 12 memungkinkan Anda untuk menjadwal download data, sehingga download dapat dilakukan tanpa mengganggu Anda. Untuk melakukannya, pergi ke Tasks -> Settings -> General -> Automatic Download Options, dan Anda bisa mengkonfigurasinya untuk memulai dan menghentikan download kapanpun Anda inginkan.

56. Hapus Sidebar

Windows 7  tampaknya tidak mendukung fitur sidebar lagi, tetapi masih ada dan berjalan di background, yang diluncurkan secara otomatis pada startup. Jadi jika Anda ingin membuangnya, ada dua cara.

Ccara yang lebih mudah adalah dengan menekan kunci Windows, (atau klik Start), di kotak pencarian, ketik MSCONFIG.EXE, klik tab Startup dan hapus centang pada Windows Sidebar. Cara yang lain adalah dengan menekan tombol Windows, ketik “regedit”,  cari dan hapus key registry di HKEY_CURRENT_USER \ Software \ Microsoft \ Windows \ CurrentVersion \ Run. Hal ini dapat menghemat konsumsi RAM Anda.

57. Volume Tweaking

Apakah Anda suka fitur Windows 7 yang secara otomatis mengurangi volume ketika mendeteksi panggilan PC? Anda dapat mematikan fitur ini dengan mengklik kanan ikon speaker di taskbar, pergi ke Sounds -> Communictions dan membuangnya.

58. Jalankan Program Sebagai pengguna lain

Windows 7 dilengkapi dengan kemungkinan untuk menjalankan program baik sebagai administrator atau pengguna lain, dengan mengklik kanan pada saat dieksekusi atau cara pintas dengan menekan tombol Shift. Kemudian Anda harus memilih “Run as other user”.

59. Bagaimana Menggunakan File Virtual Hard Disk

Sekarang Anda dapat membuat dan mengatur file virtual hard disk pada Windows 7 seakan-akan mereka disk nyata. Hal ini memungkinkan Anda untuk menggunakan instalasi Windows di virtual disk tanpa perlu boot komputer. Untuk membuat virtual disk Anda harus menekan  kunci Windows, klik kanan Computer, kemudian pergi ke Manage -> Disk Management -> Action -> Create VHD. Di sana Anda dapat menentukan lokasi dan ukuran file virtual hard disk Anda.

Untuk mengattach file virtual disk, tekan kunci Windows, klik kanan Computer, lalu pergi ke Manage -> Disk Management -> Action ->  Attach VHD dan Anda harus menentukan lokasi.

Untuk menginisialisasi hard disk virtual, tekan Windows Key, klik kanan pada Komputer, pergi ke Kelola – Manajemen Disk> -> Action ->  Attach VHD, tentukan lokasi, klik Ok, kemudian klik kanan pada disk virtual dan klik “Initialize the Disk”. Pilih model partisi yang ingin Anda gunakan dan kemudian klik kanan pada ruang yang tidak terisi dan klik “New Simple Volume” dan ikuti petunjuk wizard. Sekarang, sebuah hard drive baru muncul pada Windows Explorer dan Anda dapat menggunakannya sebagai partisi nyata.

60. Hapus Tab Windows Live Messenger Di Taskbar

Untuk menghilangkan tab Windows Live Messenger dan mengembalikannya ke pada system tray, pergi ke C: \ Program Files \ Windows Live Messenger \ msnmsdgr.exe, klik kanan dan set kompatibilitas untuk Windows Vista.

61. Kunci Layar

Tidak ada tombol Lock Screen di Start Menu lagi, jadi anda harus menekan Windows Key + L untuk menguncinya. Tampaknya lebih mudah, dalam kasus Anda tidak lupa shortkey tersebut.

62. Buat Shortcut Lock Screen

Jika Anda tidak menyukai shortkey atau Anda selalu lupa mereka, ada pilihan lain untuk mengunci layar.

Cukup membuat shortcut baru ke C: \ Windows \ System32 \ user32.dll \ rundll32.exe, LockWorkStation dan tempatkan di manapun Anda inginkan.

63. Tamplilkan Run Command di Start Menu

Jika Anda ingin Run Command lama di XP, maka ada opsi untuk mendapatkannya kembali pada Windows 7.

Klik kanan Start Menu, masuk ke Properties -> Start Menu -> Customize dan centang “Run Command”.


64. Meningkatkan Desktop Window Manager Untuk Grafis Nvidia

Kadang-kadang animasi untuk Desktop Window Manager tidak kelihatan baik dan mulus. Hal ini disebabkan karena Desktop Window Manager merender efek tanpa transparansi dan bayangan, tetapi Anda dapat menonaktifkan animasi untuk grafis yang lebih menyenangkan.

Tekan kunci Windows, klik kanan pada Komputer, pergi ke Properties -> Advanced System Settings -> Performance -> Settings dan hapus centang pada “animate windows when minimazing and maximizing, kemudian klik OK.

65. Mengubah  Lokasi
Default Untuk Menyimpan File

Windows 7 sedikit berbeda dengan Vista, karena menyimpan Dokumen, Gambar, Video dan Musik di dalam folder public di dalam C: \ User. Anda mungkin tidak ingin menyimpan dokumen Anda, gambar, video atau musik ke lokasi ini, tetapi ingin menyimpannya ke lokasi Anda sendiri. Jika Anda ingin seperti itu, Anda dapat mengubahnya dengan mudah.

Tekan Windows Key, klik username Anda dan klik dua kali pada folder yang ingin Anda ubah. Kemudian Anda akan melihat termasuk: 2 lokasi library. Klik pada teks itu, klik kanan pada folder yang ingin atur sebagau default dan klik “Set as default location file”, kemudian klik Ok.

66. Membuat Default 64bit Windows Media Player (hanya untuk pengguna x64)

Windows datang dengan versi 32-bit Media Player secara default. Jika Anda adalah pengguna x64, Anda dapat menyimpan sistem debu dengan hanya menginstal satu set codec.

Untuk melakukannya, tekan kunci Windows, ketik “command”, klik-kanan pada Command Prompt dan tekan “Run as Administrator”, kemudian ketik “unregmp2.exe / SwapTo: 64?”. Setelah itu, tekan kunci Windows, ketik “regedit”, pergi ke HKLM \ Software \ Microsoft \ Windows \ CurrentVersion \  App Paths \ wmplayer.exe, klik dua kali pada value dan ubah ProgramFiles% “(x86)” menjadi “ProgramFiles% % “. Sekarang Anda dapat menggunakan Windows Media Player 64bit.

67. Menyambung Komputer ke Proyektor

Jika Anda ingin menyambungkan komputer Anda ke proyektor, Windows 7 mempunyai fitur yang memudahkan Anda. Cukup tekan Windows + P dan pilih jenis tampilan yang Anda inginkan.

68. Membuat Jam System Tray Tampilkan Simbol AM/PM

Secara default Windows 7 tidak menunjukkan waktu dalam format 24 jam, jadi jika Anda ingin mendapatkan simbol AM / PM, tekan kunci Windows, ketik “intl.cpl” untuk membuka Regional dan Language Options, masuk ke  Additional Settings -> Time dimana Long Time diatur ke HH: mm dan mengubahnya ke HH: mm tt, misalnya, di mana tt adalah simbol AM atau PM (21:12 PM). Untuk mengubahnya ke format 12 jam, Anda perlu mengetik seperti ini hh: mm tt (21:12).

69. Internet Explorer 8 Compatibility Mode

Jika situs Anda tidak render dengan benar, Anda mungkin perlu mengatur Internet Explorer 8 untuk menampilkan mereka dalam compatibility mode. Masalah ini karena mesin rendering diperbarui, yang menyebabkan banyak masalah. Untuk melakukannya, buka Internet Explorer, pergi ke Tools -> Compatibility View Settings dan centang “Show all websites in compatibility view”, kemudian klik Ok.

70. Jangan Hanya Menggunakan Windows Vista

Ya, ini sangat berguna tip dan sangat dianjurkan. Bahkan, saya seharusnya  meletakkan ini pada bagian atas daftar, jadi sebaiknya Anda menerapkannya … untuk kebaikan Anda sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s