Menjalankan Android di VirtualBox

Android, mungkin banyak dari Anda yang sudah pernah mendengarnya. Ya, mobile OS yang bersifat open source ini memang sudah tersebar luas. Jika Anda tertarik mencicipi Android, Anda tidak perlu membeli handphone baru. Sekarang Anda dapat menggunakan Android di dalam PC lewat VirtualBox. Untuk memasang Android di VirtualBox, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Download Live Installer Android di sini. Cari versi terbaru yang tersedia (saat ini versi terbaru adalah android-x86-5.1-rc1). Akan tetapi, dalam tutorial ini saya menggunakan android-x86-1.6-r2.
  2. Setelah itu, jalankan program VirtualBox.
  3. Buat Virtual Machine Baru. Klik New utnuk membuat virtual Machine baru.
  4. Kemudian akan muncul sebuah kotak dialog baru bernama “Create New Virtual Machine”. Klik Next.
  5. Pada dialog VM Name and OS Type, isikan nama virtual OS sesuai yang Anda inginkan  dan tentukan jenis virtual OS tersebut. Pada contoh, saya memberi nama “Android 1.6”. Kemudian klik Next.
  6. Setelah itu, tentukan memory (RAM) yang ingin dialokasikan untuk virtual machine tersebut. Pada contoh ini, saya memberi RAM 256 MB untuk virtual OS tersebut.
  7. Setelah itu, akan muncul dialog harddisk. Ada 2 pilihan yang tersedia, yaitu Create Virtual Machine untuk membuat harddisk virtual baru atau Use existing harddisk untuk menggunakan harddisk yang sudah ada.
  8. Setelah membuat harddisk, akan muncul dialog Summary yang menendakan proses pembuatan Virtual Machine baru sudah selesai. Klik Finish untuk menyelesaikan pembuatan Virtual Machine.
  9. Setelah itu, jalankan machine yang sudah Anda buat.
  10. Akan muncul sebuah kotak dialog b aru bernama “First Run Wizard”. Klik Next untuk melanjutkan.
  11. Kemudian klik tombol bergambar folder untuk memilih image source.
  12. Arahkan ke file yang sudah di-download tadi. Kemudian klik Open.
  13. Setelah itu, akan muncul tampilan bootloader Android. Jika Anda ingin mencoba Android langsung tanpa menginstallnya, pilih Live CD – Run Android x-86 without installation. Sebaliknya jika Anda ingin menginstallnya, pilih Installation – Install Android –86 to harddisk. Untuk melihat cara menginstallnya, Anda bisa melihatnya di Cara Menginstall Android di VirtualBox 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s